Monday 14 November 2011

Awet Muda Dengan Sushi

Sekarang ini masakan jepang tentu telah mendunia. Beragam masakan jepang pun telah sampai ke telinga masyarakat dunia. Mulai dari mie ramen, sukiyaki, teriyaki, dll. Namun bagi anda yang belum pernah mencicipi nikmatnya sushi, anda patut mencobanya. Makanan ini jelas berbeda dengan yang masakan Jepang lain karena sushi populer akan kementahannya sehingga membuat makanan ini fresh dan segar saat disantap. Namun bila anda tidak menyukai panganan berbasis sea food ini, ada baiknya anda melihat manfaat di baliknya untuk kesehatan tubuh anda.

Makanan jepang memang dikenal akan keunikannya. Dari bahan-bahannya sampai cara pengolahannya. Namun jenis makanan jepang yang paling banyak menyita perhatian tentu adalah sushi. Makanan ini tentu tak asing ditelinga anda. Selain rasanya yang unik karena sebagian besar bahannya yang masih mentah, makanan ini juga menyehatkan. Selain sehat, konon sushi juga menyimpan manfaat lain yaitu bisa membuat anda awet muda.

Apa itu Sushi ?

Cantik dan indah, sehat dan segar. Itulah kesan yang melekat pada sushi. Tidak hanya cantik, pembuatan sushi memiliki seni yang sudah berkembang selama puluhan tahun. Ajang santap sushi kini telah menjadi tren di dalam dunia kuliner. Sushi yang merupakan kombinasi ikan mentah dan nasi yang dibumbui, adalah makanan yang eksotis bagi orang asing, serta merupakan makanan sehari-hari penduduk jepang.

Sushi adalah makanan yang mayoritas bahannya adalah hasil laut. Jenis sushi pun sangat beragam mulai dari tuna California Roll, salmon sashimi, seaweed rolls atau shrimp tempura,dll. Penyajiannya pun sangat segar dan menarik. Karena disajikan sangat menawan dengan komposisi warna yang cukup atraktif, membuat sushi kelihatan begitu menggugah selera saat disantap.

Kata sushi biasanya digunakan untuk melukiskan beragam makanan seukuran jari yang termasuk ikan mentah yang dimasukkan ke dalam gulungan nasi atau nigiri, atau nasi yang dibalut rumput laut, dengan ikan atau sayuran (maki). Semua jenis makanan ini bisa langsung atau dicelupkan terlebih dahulu ke dalam shoyu (kecap Jepang) sebelum dimakan. Perhatian dan ketelitian banyak diberikan untuk kreasi jenis makanan yang cantik ini.
Rahasia awet muda sushi

Namun dari segitu banyakknya hal yang menarik dari sushi, ternyata sushi juga menyimpan rahasia kecantikan yang tentunya sulit untuk ditolak. Menurut penelitian hasil-hasil laut dari sushi memiliki kandungan zat-zat essential seperti Omega 3 yang diperlukan tubuh untuk mencapai kesehatan yang optimal. Adapun khasiat utama dari Omega 3 tersebut adalah memperbesar pembuluh darah yang secara otomatis memperlancar peredaran darah. Selain itu juga sangat bagus khasiatnya untuk penyakit arthritis dan asthma. Kandungan Omega 3 sushi banyak terdapat pada ikan Tuna dan ikan Salmon. Namun perut ikan tuna atau lebih dikenal dengan Toro adalah bagian yang paling banyak memiliki kandungan Omega 3.

Dalam hal kecantikan, peneliti dari Amerika bahkan mendapati sushi yang didominasi makanan mentah khususnya ikan dapat membantu membentuk tubuh lebih langsing, kulit lebih muda dan menarik, badan lebih sehat, berenergi, stamina meningkat, serta lenyapnya bau badan dan bau mulut. Karena penemuan itulah sekarang ini diet masakan mentah diikuti oleh selebriti Hollywood seperti Catherine Zeta-Jones, Gery Halliwell, Jennifer Lopez dan Demi Moore.

Sushi bersifat menyehatkan tubuh karena kandungan nasi dan ikan mentah dalam Sushi, sedikit mengandung lemak (30 persen) dan lebih banyak mengandung asam lemak omega-3. Selain itu kandungan kalori di dalam sushi rata-rata hanya berkisar 136 sampai 509 kalori. Sehingga makanan ini tidak bersifat menggemukkan karena sushi tidak termasuk dalam makanan berkalori tinggi.

Bahkan pusat ilmu kedokteran di Amerika mendapati bahwa kecepatan melemahnya daya ingat manula yang minimal mengonsumsi ikan setiap minggu lebih lamban 10% – 13% dibanding dengan manula yang jarang mengonsumsi ikan. Dan taraf perlambatan ini sama dengan membuat orang tampak lebih muda 3 – 4 tahun. Maka jika mengkonsumsinya secara teratur dapat memperpanjang jalan usia sehingga anda pun bisa tetap sehat dan awet muda.

Selain ikan, nori yang dibuat dari rumput laut atau nama lainnya ganggang laut hijau yang dihaluskan, kemudian dihamparkan dengan ketebalan yang sangat tipis, mengandung banyak mineral yang penting bagi tubuh. Disebutkan bahwa kalsium, magnesium, fosfor, besi dan potassium merupakan bahan kandungan dalam rumput laut. Nori juga mengandung Pantothenic acid yang penting bagi kelenjar adrenal dan bermain penting bagi managemen stress tubuh. Kurangnya pantothenic acid bisa menyebabkan infeksi, kelelahan dan rasa gelisah berlebihan.

Para Ilmuwan Jepang mengungkap antioksidan klorofil pada gangang laut hijau dapat berfungsi sebagai antioksidan. Zat ini membantu membersihkan tubuh dari reaksi radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh. Ekstrak rumput laut juga dapat menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi. Bagi pengidap stroke, mengkonsumsi rumput laut juga sangat dianjurkan karena dapat menyerap kelebihan garam pada tubuh. Nori banyak digunakan pada masakan Jepang, mulai dari pembungkus sushi, udang gulung atau rollade goreng.

Manfaat lain yaitu ternyata nori termasuk kategori makanan berserat tinggi. Karena Kandungan serat (dietary fiber) yang biasanya dipakai pada jenis makanan diet, pada rumput laut sangat tinggi. Serat rumput laut ini bersifat mengenyangkan dan memperlancar proses metabolisme tubuh sehingga sangat baik dikonsumsi pada penderita obesitas. Karbohidratnya juga sukar dicerna sehingga Anda akan merasa kenyang lebih lama tanpa takut kegemukan.
Sushi mudah dibuat

Munculnya beragam restoran Jepang di kota-kota besar di Indonesia menunjukkan bahwa sushi dapat diterima lidah orang Indonesia. Melahap sushi bagi para sushi lover merupakan suatu kenikmatan tersendiri. Karenanya, semua orang pasti menyukai makanan dari Negeri Bunga Sakura tersebut.

Dikota-kota besar seperti jakarta, bandung dan yogyakarta, restoran yang menjual masakan jepang terutama sushi bahkan sudah menjamur dipasaran. Sehingga anda bisa dengan mudah dan leluasa menghidangkannya dalam menu harian anda. Namun bagi anda yang masih kesulitan menyantap nikmatnya sushi, tidak perlu kuatir. karena sushi pun tidak sulit untuk membuatnya. Anda dapat dengan mudah membuatnya dirumah tanpa harus bersusah-susah pergi ke restoran jepang.

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat sushi cukup sederhana dan sangat menyehatkan, yakni nasi, rumput laut, ikan, dan sayur-sayuran. Untuk ikan cukup sediakan ikan salmon atau tuna yang segar dan dalam kondisi baik. lalu potong daging salmonnya saja. Buang kulit ikannya lalu potong bentuk kotak-kotak memanjang. Cuci bersih dan siap disajikan.

Sushi yang dihidangkan secara khusus bisa terdiri dari variasi 10 potong nigiri dan gulungan tipis rumput laut yang mengandung sekitar 450 kalori. Umumnya nigiri berkisar antara 40 hingga 100 kalori, dengan sekitar 30 kalori dari nasi dan sisanya dari berbagai jenis ikan atau lapisan bahan makanan di dalamnya.
Waspada Sushi

Walaupun sehat dan kaya manfaat, anda juga perlu waspada akan nikmatnya hidangan segar ini. Hal yang perlu diperhatikan ketika anda akan menyantapnya adalah kebersihan tempat anda makan. Karena makan ikan mentah bagaimanapun mengandung resiko tertentu. Baik ikan air tawar maupun ikan laut tentunya bisa saja membawa cacing parasit. Biasanya ikan yang digunakan untuk membuat sushi didinginkan terlebih dahulu untuk membunuh parasit. Namun para penyantap sushi seyogyanya tetap waspada karena masih saja terdapat risiko terjadinya infeksi.

Selain itu karena ikan yang digunakan pada sushi tidak dimasak, wanita hamil dan anda yang mengalami gangguan pada sistem kekebalan tubuhnya, disarankan tidak ikut menikmati sushi karena agak berisiko terhadap bakteri seperti Listeria monocytogenes serta parasit.

Namun bagi sebagian besar orang, risiko ini biasanya minim sekali, selagi anda makan sushi di restoran yang cukup terkenal dan terjaga kualitasnya. Hal tersebut dikarenakan para juru masak yang sudah terlatih dalam seni mempersiapkan sushi, biasanya akan mempertahankan standar yang tinggi dan teliti akan kesegaran dan kebersihannya. Sementara bagi mereka yang tidak suka makan ikan mentah, banyak pilihan lain selain ikan seperti kepiting, udang, telur, tahu atau sayur-sayuran yang sudah dimasak.


No comments:

Post a Comment

My Hamster